Thursday 13 November 2014

Beza Musyahadah dan Mukasyafah

Soalan : Apakah yg dimaksud mukasyafah dan musyahadah? Apakah benar seseorang bisa melakukan keduanya?

Jawapan : Mengenai Mukasyafah adalah terbukanya tabir rahasia antara sesama makhluk, yaitu orang yg beriman dan shalih, ada yg Allah swt beri kemuliaan mengetahui kejadian yg akan terjadi, atau isi hati seseorang, atau nasib seseorang, namun tidak secara keseluruhannya, dan hal ini teriwayatkan pada banyak riwayat shahih.

Mengenai Musyahadah adalah terbukanya rahasia antara Makhluk dg Penciptanya. yaitu makna dari sabda Rasulullah saw : Al ihsan adalah engkau beribadah seakan kau melihat Allah, jika kau tak bisa melihat Nya maka kau meyakini bahwa Dia Melihatmu.


Musyahadah adalah kesempurnaan derajat Al ihsan ini, hingga ia merasa selalu dilihat dan melihat Allah swt.
ia melihat makhluk maka yg hadir dibenaknya adalah ini semua milik Allah swt dan ini semua adalah isyarat Allah swt akan keberadaan Nya swt.

Maka ia tidak lagi bersama bersama makhluk, ia merasa selalu bersama Allah swt walau keberadaannya bersama makhluk.

Ungkapan Syeikh Ahmad Al Alawiy rahimahullah : Mereka melihat kami duduk bersama mereka, padahal itu bukan kami, ruh ruh kami berada dipuncak puncak tertinggi.
maksudnya jiwa kami tidak bersama makhluk, tapi bersama Allah swt.

Sehingga diungkapkan oleh seorang ulama salaf, khusyu ku bersama Allah swt adalah setiap waktu, dan saat aku shalat dan saat aku berjimak dg istriku jiwaku tetap sama khusyu nya pada Allah swt.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

No comments:

Post a Comment